Rute dan Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Sleman

Pustakapedia.net - Salah satu destinasi wisata di Yogyakarta khususnya kabupaten Sleman yang sedang hangat diperbincangkan di sosial media adalah Tebing Breksi. Asal mula spot wisata Tebing Breksi ini dulunya merupakan area pertambangan batu kapur yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Dengan begitu, tebing breksi ini tidak termasuk dalam wisata alam karena memang ada campur tangan manusia.
Keindahan Tebing Breksi Sleman Yogyakarta - Pustakapedia
Bermula dari penelitian geologis yang terdiri dari beberapa peneliti ahli untuk meneliti di kawasan area tambang tersebut, menjadikan Tebing Breksi terkenal hingga saat ini. Hasil dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa batuan yang ada di sekitar lokasi merupakan endapan abu vulkanik gunung api purba Nglanggeran. Oleh karena itulah Area Tebing Breksi termasuk dalam cagar budaya yang wajib dilindungi.

Sejak saat itulah masyarakat sekitar mulai berhenti untuk menambang batu kapur di lokasi Tebing Breksi dan harus mencari mata pencarian baru. Lambat laun beberapa orang mencoba mengeksplorasi area bekas tambang tersebut, karena memang pemandangannya yang begitu indah dengan batuan kapur yang menjulang tinggi. Saat itu belum ada kesadaraan masyarakat jika Tebing Breksi berpotensi menjadi obyek wisata, lama-kelamaan seiring berjalanannya waktu dan ditambah semakin ramainya orang yang datang ke Tebing Breksi, masyarakat sekitar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberlakukan biaya akomodir. 
Keindahan Batuan Kapur Tebing Breksi Jogja - Pustakapedia
Dari adanya kesadaran masyarakat, kini Tebing Breksi banyak mengalami perubahan yang cukup baik. Sarana prasarana mulai di dirikan di kawasan wisata, salah satunya adalah Tlatar Seneng, yaitu sebuah amphitheater ( panggung terbuka ) yang sering di gunakan untuk pertunjukan seni maupun digunakan untuk keperluan acara masyarakat sekitar.

Bagi kamu para pecinta fotografi, tidak salah apabila kamu berkunjung ke Wisata Tebing Breksi, karena dilokasi wisata ini kamu akan merasakan pemandangan yang sangat mengaggumkan, dimana kamu akan di suguhkan tebing batu kapur yang menjulang tinggi keatas. Selain itu yang menjadi daya tarik utama Tebing Breksi adalah pahatan atau ukiran berbentuk gambar wayang yang terdapat disalah satu tebing. 
Keindahan Pahatan Wayang di Batuan Kapur Tebing Breksi Sleman - Pustakapedia
Apabila kamu berkunjung ke Tebing Breksi, kamu akan menjumpai sebuah anak tangga yang berasal dari pahatan batu alam. Jika kamu menaiki tangga tersebut kamu akan disuguhkan pemandangan landscape kota Yogyakarta. Dari puncak tebing, kamu juga dapat melihat kokohnya Candi Prambanan dan luasnya landasan pacu Bandara Adi Sucipto.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Tebing Breksi
Walaupun lokasi Tebing Breksi terbilang lumayan jauh dari Pusat Kota Yogyakarta, namun tebing breksi ini terletak di kawasan wisata Sleman Timur, berdekatan dengan obyek wisata terkenal seperti Spot Riyadi, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Secara administratif, Tebing Breksi beralamatkan di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Apabila kamu dari pusat kota, untuk dapat mencapai lokasi Tebing Breksi kamu dapat melewati Jalan Jogja Solo- Pertigaan Candi Prambanan belok kanan - Jalan Prambanan ~ Piyungan - Sampai menemui papan bertuliskan Tebing Breksi Jogja belok ke kiri. Untuk mencapai lokasi tersebut, kamu tak perlu khawatir, karena akses jalan menuju lokasi sudah cukup baik. Dari pusat kota Yogyakarta kamu akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit atau sejauh 18 kilometer.

Fasilitas Tebing Breksi
Walaupun terbilang spot wisata baru di Kabupaten Sleman, fasilitas di Tebing Breksi cukup lengkap. Fasilitas seperti toilet, area parkir yang luas, food court, dan mushola sudah terdapat di lokasi. Untuk kamu yang gemar berfoto , pengelola telah menyediakan spot foto yang unik tentunya instagrammable. Setelah puas berfoto, kamu juga dapat berkeliling di area tambang Tebing Breksi, karena pengelola juga menyediakan penyewaan mobil jeep.
Panorama Gunung Merapi dari Tebing Breksi Prambanan - Pustakapedia
Harga Tiket Masuk Tebing Breksi
Untuk kamu yang ingin berwisata di Tebing Breksi, pertanggal 1 Januari 2019 pengelola membebankan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 untuk wisatawan lokal dan Rp.10.000 untuk wisatawan mancanegara. Walaupun begitu, harga tersebut termasuk dalam kategori murah karena terjangkau bagi kalangan pelajar maupun pekerja. Sementara jam buka Tebing Breksi Sleman dari pukul 05:30 s/d 21:00 dan dibuka setiap hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel