Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Randusari Dlingo

Pustakapedia.net - Daerah Dlingo, Kabupaten Bantul tak hanya terkenal karena wisata pegunungan atau pemandangan dari atas bukit saja, tetap daerah ini juga memiliki wisata alam air terjun yang cukup unik tentunya juga indah. Kondisi alam Kabupaten Bantul dapat dinilai cukup bagus, sehingga kabupaten ini tak pernah sepi dari munculnya wisata alam di sekitarnya. Salah satu wisata alam yang sedang ramai di perbincangkan adalah Air Terjun Randusari Dlingo.
Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Randusari Dlingo - Pustakapedia
Asal mula air terjun ini dinamakan "Randusari" karena di sekitar lokasi air terjun, terdapat banyak sekali pohon randu atau pohon kapuk, kata 'sari' sendiri dalam bahasa jawa berarti utama. Awalnya obyek wisata ini hanya digunakan masyarakat sekitar untuk mendapatkan air bersih, namun lambat laun masyarakat menyulapnya menjadi obyek wisata karena lokasinya yang sangat bagus dan berpotensi.

Apabila berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Randusari, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang cantik diikuti suara gemercik air yang membuat suasana rileks semakin terasa. Ketinggian air terjunnya terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 15m. Untuk kedalamannya, tidak seperti air terjun pada umumnya, kedalaman berkisar 1 sampai 2 meter.
Pesona Air Terjun Randusari Dlingo Bantul - Pustakapedia
Daya tarik tersendiri di Air Terjun Randusari Dlingo ini yaitu, bentuk air terjunnya yang terkesan kembar. Karena aliran air terjun ini berasal dari 2 mata air dan mengalir bersebalahan, sehingga seperti air terjun kembar. Sumber mata airnya berasal dari mata air Ngreboh yang di manfaatkan oleh masyarakat untuk di jadikan sumber mata air bersih.

Walaupun musim kemarau, mata air Ngreboh tidak pernah mengering, hanya saja volume airnya akan menyurut dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sekitar saja. Air Terjun Randusari sendiri masih tergolong asri, karena pengelola tidak merombak bentuk air terjun tersebut dan hanya menambahkan beberapa spot saja. 

Rute Perjalanan
Lokasi Air Terjun Randusari berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Akses menuju ke lokasi air terjun terbilang cukup baik, sehingga dapat memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata Curug Randusari Dlingo. Namun, lokasi air terjun lumayan jauh dari area parkir obyek wisata, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih selama 15 menit. 
Keindahan Alam Dlingo di Air Terjun Randusari Bantul - Pustakapedia
Untuk rute menuju lokasi air terjun Randusari dapat di akses cukup mudah. Apabila kamu dari pusat kota Yogyakarta, melajulah ke arah timur - Jalan Pangurakan - Belok kanan ke Jalan Brigjen Katamso - Perempatan belok kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono - Pertigaan belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja - Lurus di Jalan Imogiri Barat - Sampai Pertigaan belok kiri - Jalan Dewa Ruci - Pertigaan belok kanan ke Jalan Imogiri Timur - Perempatan Jejeran belok kiri ke Jalan Jejeran - Pertigaan belok kanan ke Jalan Pleret - Pertigaan belok kiri ke Jalan Segoroyoso - Lurus terus, sampai perempatan belok ke arah selatan ke Jalan Jatimulyo. Apabila sudah di jalan Jatimulyo kamu hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang ada. Jika kamu masih kebingunan, kamu dapat menggunakan peta di bawah ini.
Fasilitas
Bagi kamu yang ingin berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Randusari tak perlu cemas memikirkan fasilitasnya. Karena dilokasi sudah terdapat fasilitas standar seperti Gazebo, Tempat Sampah, Toilet, dan spot foto menarik. Untuk kamu yang tidak membawa bekal makanan dari rumah, kamu dapat mencoba memanjakan lidah dengan membeli makanan yang tersedia di warung makan yang berada di sekitar lokasi.
Berpetualang di Air Terjun Randusari Dlingo - Pustakapedia
Harga Tiket Masuk
Walaupun banyak wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata alam ini, pengelola hanya mematok tarif tiket masuk sebesar Rp.2000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir, pengelola mengenakan tarif sebesar Rp.2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.5000 untuk kendaraan roda empat. Sekedar informasi, untuk jadwal jam buka, obyek wisata Air Terjun Randusari di buka setiap hari dari pukul 08:00 s/d 17:00 WIB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel