Rute dan Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung Mangunan Bantul

Pustakapedia.net - Berbicara tentang obyek wisata di Yogyakarta khususnya di daerah Dlingo Kabupaten Bantul memang tak akan ada habisnya. Setiap tahunnya pasti ada obyek wisata atau spot selfie bermunculan di Kecamatan Dlingo. Dikarenakan lokasinya yang memang terbilang dataran tinggi, dan terdapat banyak perbukitan di sekitarnya membuat daerah ini memiliki banyak spot wisata. Baru-baru ini yang sedang menjadi buah bibir di sosial media adalah Bukit Panguk Kediwung.
Rute dan Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung Manguanan - Pustakapedia
Dengan berlatar belakang sebuah perbukitan, pengelola menyulap tempat ini menjadi destinasi wisata yang sukses memikat hati para pengunjungnya. Lokasinya yang tak jauh dari Kebun Buah Mangunan membuat pengunjung mudah untuk berkunjung ke tempat ini. Obyek wisata Bukit Panguk Kediwung Dlingo sendiri diresmikan pada pertengahan 2016 lalu oleh masyarakat setempat. Walaupun secara lokasi sangat berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan, banyak wisatawan yang memilih tempat ini untuk berlibur di akhir pekan karena spot selfienya yang terkenal.

Apabila kamu berkunjung kesana, kamu akan disuguhkan luasnya hamparan hijau perbukitan Dlingo serta panjangnya bentangan sungai Oya. Selain itu kamu juga dapat mencoba berfoto di spot-spot yang telah disediakan pengelola. Untuk kamu yang kecewa karena tak bisa datang di pagi hari untuk melihat kabut serta indahnya sunrise dari atas ketinggian, kamu dapat berfoto ria di spot selfie tersebut.
Memandang Perbukitan Mangunan dari Bukit Punguk Kediwung Bantul - Pustakapedia
Rute Perjalanan
Lokasi Bukit Panguk Kediwung yaitu di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Waktu yang pas untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah di pagi hari. Apabila kamu dari pusat kota lebih baik berangkat dari pukul 4:30 karena perjalanan memakan waktu selama 1 jam dan menempuh jarak sejauh 26 KM. 
Rute tercepat untuk sampai ke lokasi Bukit Panguk Kediwung yaitu melalui Jalan Parangtritis - Perempatan Bakulan - Belok kiri menuju Jalan Bakulan - Imogiri - Pasar Barongan (Perempatan Barongan) - Pertigaan sebelum Makam Raja Imogiri belok kanan - Jalan Imogiri Dlingo - Tugu Mangunan belok kanan ke arah Playen - Kurang lebih 10m ada gang belok kekanan ( ada tulisan Bukit Panguk Kediwung ). Kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada, jika kurang jelas kamu dapat mengikuti peta di bawah ini.

Fasilitas
Walaupun lokasinya yang sedikit masuk kedalam, wisata Bukit Panguk Kediwung memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas standar seperti toilet, mushola, hingga area parkir yang luas sudah tersedia di lokasi. Untuk kamu yang tidak membawa bekal dari rumah kamu juga dapat menjajaki warung makan yang berada di dekat lokasi. Walaupun di obyek wisata, harga makananannya pun cukup terjangkau. Untuk sebuah mie instan dan secangkir kopi hitam kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 15.000.
Menikmati Keindahan Sunrise di Bukit Panguk Kediwung - Pustaka Pedia
Pengelola sekitar juga tak lupa menambahkan spot-spot cantik untuk pecinta foto selfie. Terdapat sebuah spot yang mengarah ke tebing curam, sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan bukit Dlingo dengan leluasa. Untuk kamu yang ingin bermalam di tempat ini, di sekitar lokasi belum terdapat home stay atau penginapan. 

Harga Tiket Masuk
Pengelola sekitar memberlakukan tiket masuk sebesar Rp. 2500/orang. Sedangkan untuk biaya parkir sendiri, pengelola memberlakukan tiket parkir sebesar RP.3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.5000 untuk kendaraan roda empat. Selain itu , untuk kamu yang ingin berfoto di spot-spot yang sudah di sediakan, kamu di wajibkan mengeluarkan kocek Rp.3000/orang/spot. Durasi untuk berfoto di spot tersebut selama 3 s/d 5 menit, tergantung dari segi keramainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel