Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul

BosKecil - Gunung Kidul merupakan sebuah Kabupaten yang di anugerahi kondisi alam yang beragam dan tentunya sangat indah. Mulai dari pantainya yang terkenal, gunung api purba, bukit maupun tebing, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tak heran apabila Gunung Kidul berpengaruh penting terhadap Provinsi Yogyakarta yang menjadi urutan nomor 1 daerah tujuan wisata di Indonesia. Salah satu obyek wisata yang terdapat di Gunung Kidul adalah Air Terjun Kedung Kandang.
Panorama Wisata Alam Air Terjun Kedung Kandang
Panorama air terjun ini sangat indah, sekilas hampir mirip dengan Air Terjun Ubud Bali. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini menyuguhkan panorama persawahan berundak dengan gugusan tebing dan bebatuan di sekitar air terjun. Persawahan yang berundah tersebut, membentuk sebuah terasering seperti yang ada di Ubud Bali. Oleh karena itu, Air Terjun Kedung Kandang ini layak wajib ada di daftar obyek wisata yang wajib di kunjungi.

Walaupun untuk menuju lokasi air terjun harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 900 meter, namun di sepanjang perjalanan pengunjung akan di suguhkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Luasnya persawahan warga, dengan tanah yang berundak, serta gemerciknya suara aliran air membuat daya tarik tersendiri. Dikarenakan jalur trekking menuju lokasi air terjun kebanyakan masih berupa tanah, maka dari itu kamu harus berhati-hati saat melewatinya, terutama saat musim hujan karena jalan cukup licin.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang ini adalah pada saat musim hujan, yakni pada bulan Oktober - Maret karena apabila kamu mengunjungi air terjun ini pada musim kemarau, dapat dipastikan debit airnya sedikit bahkan tidak ada airnya sama sekali. Jika kamu beruntung, kamu juga akan menemui tanaman padi masyarakat yang sedang tumbuh, cocok untuk di jadikan background foto. 

Rute dan Lokasi Air Terjun Kedung Kandang
Secara administratif, Air Terjun Kedung Kandang berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain itu, lokasi Air Terjun Kedung Kandang ini berada di kawasan Gunung Api Purba Gunung Kidul, sehingga sangat dekat dengan destinasi wisata lainnya. Walaupun berada di daerah Gunung Kidul, akses jalan menuju lokasi Air Terjun Kedung Kandang cukup memadai. 

Jika dari Pusat Kota Yogyakarta, untuk dapat mencapai lokasi harus menempuh perjalanan 25 KM atau memakan waktu tempuh selama kurang lebih 1 jam. Rute menuju lokasi yaitu, dari Pusat Yogyakarta - Jalan Jogja ~ Wonosari - Pertigaan Piyung masih lurus ke arah Pathuk - Persimpangan Koramil Pathuk belok kiri - Jembatan belok kanan. Untuk memudahkan perjalanan silahkan ikuti peta yang ada di bawah ini.

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang
Dikarenakan lokasi yang jauh dari pemukiman warga, fasilitas di obyek wisata Air Terjun Kedung Kandang dapat dikatakan cukup, namun masih perlu di perhatikan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung. Fasilitas seperti area parkir, toilet, gazebo sudah ada di lokasi. Untuk kamu yang ingin berfoto, kamu juga dapat mencoba spot foto yang telah di siapkan oleh pihak pengelola.
Keindahan Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul
Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang
Untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang kamu harus merogoh kocek sebesar Rp.8000 / orang. Untuk biaya akomodir atau tarif parkir, kamu harus mengeluarkan kocek sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp.5000 untuk kendaraan roda empat. Harga yang terbilang cukup murah untuk dapat menikmati keindahan alam Gunung Kidul.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel